ABSTRAK
Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap
Keputusan Pembelian Notebook Acer di Kota Kediri.
Peneliti: Sholihin, Ustadus, SE., MM.
Ardhy,
Mochamad.
(28
Agustus 2012)
Penelitian
ini untuk mengetahui dan menganalisis apakah variabel ekuitas merek secara
simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Notebook Acer di Kota Kediri. Sampel
yang diambil sebanyak 100 orang pengguna Notebook
Acer di Kota Kediri. Tujuan penelitiannya yaitu mengetahui dan menjelaskan
pengaruh secara simultan maupun parsial variabel ekuitas merek terhadap
keputusan pembelian.
Pada penelitian ini variabel bebas yaitu kesadaran
merek (X1), asosiasi merek (X2), persepsi kualitas (X3), loyalitas merek (X4),
variabel terikat yaitu keputusan pembelian konsumen (Y). Teknik analisis data
yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis korelasi,
analisis regresi berganda dan uji Goodness
of Fit.
Persamaan regresi didapatkan Y = 0,670 +
(-0,041)X1 + 0,534X2 + 0,149X3 + 0,286X4. Secara simultan variabel independen
berpangaruh signifikan terhadap variabel dependen dan secara parsial variabel
yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu asosiasi merek,
persepsi kualitas, loyalitas merek, namun untuk variabel kesadaran merek tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,951 dengan variabel yang
paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah asosiasi merek.
Kata kunci: ekuitas merek, kesadaran
merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, keputusan pembelian.
ayo yg semangat bloggingan nya
BalasHapusok, makasih ya, maaf masih sibuk ini. Jadi mulai nanti sudah mulai bertambah
Hapus